Amankah Plafon PVC?

Seberapa amankah plafon PVC? Apakah Penggunaan PVC untuk Plafon Aman?

Distributor Plafon PVC Cikampek memiliki cukup banyak pilihan bahan plafon PVC untuk anda pilih. Hal ini merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki oleh bahan ini. Selain itu masih ada banyak lagi kelebihan yang dimilikinya seperti harga yang murah dan juga karena bahan PVC yang merupakan plastik yang membuatnya menjadi lebih tahan lama. Akan tetapi karena bahan ini merupakan bahan plastik maka ada kekurangan juga yang dimilikinya. Kekurangannya adalah mengenai kandungan bahan kimia yang membuat bahan ini tidak cocok digunakan untuk beberapa tempat tertentu di rumah anda.



Kapan sebaiknya PVC tidak digunakan?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, karena bahan plastik yang dimiliki oleh PVC maka penggunaan PVC untuk plafon sebaiknya tidak digunakan di area tertentu di rumah anda. Area tertentu di dalam rumah tersebut adalah area yang memungkinkan suhu naik hingga di atas 600. Penggunaan dari PVC sebagai plafon di area yang panas dapat menyebabkan terjadi keracunan. Hal ini disebabkan karena bahan ini memang memiliki kandungan klorin yang tinggi sehingga akan menghasilkan racun ketika mengalami pemanasan lebih dari kemampuan tahannya.

Sebagai bahan plastik, sesungguhnya PVC memiliki titik leleh yang lebih tinggi dibandingkan plastik pada umumnya. Hal inilah yang menyebabkan masyarakat lebih berani menggunakan plafon PVC ini. Ketika PVC tidak terbakar maka kadar klorin yang ada di dalamnya juga tidak akan keluar dan berakhir menjadi racun. Oleh karena itu, sangat penting bagi anda untuk memilih tempat yang tepat untuk pemasangan plafon PVC ini. Salah satu tempat yang perlu dihindari untuk memasang plafon PVC adalah area dapur yang sering digunakan untuk memasak yang membuat PVC lebih besar potensinya untuk terbakar.

Selain racun yang keluar dari PVC saat terbakar, bahan ini bisa dikatakan sebagai bahan yang sempurna untuk plafon anda dibandingkan dengan plafon bahan lainnya. Hal ini disebabkan karena bahan PVC bisa dibilang memiliki lebih banyak jaminan aman dibandingkan dengan bahayanya. Berikut ini adalah ulasan mengapa plafon PVC bisa dianggap sebagai bahan yang aman.

Tahan air

Salah satu hal yang menyebabkan plafon PVC disebut sebagai bahan yang aman digunakan untuk plafon rumah anda adalah mengenai daya tahannya terhadap air. Daya tahan yang dimiliki oleh plafon PVC terhadap air sangat tinggi sehingga air tidak mudah menembusnya. Karena bahan ini tidak mudah ditembus oleh air maka kemungkinan bahan ini rusak karena jamur akan makin rendah.

Tidak seperti bahan gypsum pada plafon rumah yang lama yang menghitam karena tetesan air. Bahan PVC menjadi bahan yang lebih tahan terhadap pertumbuhan mikroorganisme. Karena sifat inilah, bahan plafon PVC menjadi bahan yang aman terhadap pertumbuhan bakteri sehingga membuatnya lebih aman untuk kesehatan udara yang anda hidup di rumah anda.

Tahan panas

Selanjutnya adalah memiliki daya tahan terhadap panas. Selain memiliki titik leleh yang tinggi jika dibandingkan dengan bahan plastik lainnya, plafon PVC juga memiliki kelebihan dalam ketahanannya terhadap udara panas. Biasanya, plafon PVC dibuat dengan menggunakan rongga sehingga dapat digunakan untuk insulasi. Hal ini menyebabkan hawa panas dari loteng dan luar rumah menjadi lebih tersaring dan tidak mudah membuat ruang di bawahnya menjadi lebih panas.

Selain karena dapat menyaring panas, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahan plastik pada umumnya memang dibuat dengan menggunakan bahan klorin yang tinggi. Bahan plastik lainnya memiliki titik leleh yang lebih rendah sehingga dapat lebih mudah mengeluarkan zat klorin. Beda dengan bahan PVC. Bahan PVC ini memiliki titik leleh yang tinggi sehingga tidak mudah dan tidak mudah mengeluarkan kandungan klorin ini.

Tahan goyangan

Keamanan selanjutnya yang dimiliki oleh produk dari Distributor Plafon PVC Cikampek ini adalah mengenai keamanan konstruksinya. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, plafon PVC adalah plafon yang dibuat dengan menggunakan bahan plastik. Bahan ini memiliki kelenturan yang lebih tinggi dibandingkan dengan bahan plafon seperti bahan gypsum. Karena memiliki kelenturan yang tinggi maka bahan ini menjadi lebih tahan terhadap guncangan. Seperti yang kita tahu, Indonesia adalah salah satu negara yang dilewati oleh cincin api hal ini menyebabkan Indonesia sering kali di serang gempa. Ketika gempa terjadi, rumah yang plafonnya dibuat dengan menggunakan bahan PVC akan menjadi lebih aman dan tidak mudah rubuh atau pecah karena fleksibilitas yang dimilikinya.

Bahan ringan

Keamanan lainnya dari segi bahan yang dimilikinya. PVC adalah salah satu bahan plastik yang terkenal dengan bobotnya yang ringan dan daya tahannya yang tinggi. Hal inilah yang menyebabkan menjadi salah satu bahan bangunan yang aman untuk digunakan. Mengapa? Jika bahan bangunan memiliki bobot yang berat maka pemindahan bahan ini harus dilakukan dengan hati-hati. Karena jika jatuh akan lebih murah rusak.

Selain aman dan tidak mudah rusak, bahan PVC yang digunakan untuk membuat plafon juga lebih aman sebagai bahan bangunan karena ketika jatuh ia tidak mudah melukai orang lain yang mungkin tertimpa bahan ini. Hal inilah yang membuat bahan ini menjadi bahan bangunan yang aman dalam hal pemasangannya.

100% bisa didaur ulang

Keamanan yang dimiliki oleh bahan PVC selanjutnya bisa dilihat dari penggunaan ulang produk ini. Produk PVC adalah produk plastik yang 100% bisa di daur ulang ketika sudah tidak digunakan. Hal ini membuat produk ini menjadi lebih aman untuk digunakan secara umum untuk lingkungan.

Kesimpulan

Lalu bagaimana kesimpulannya? Apakah penggunaan bahan PVC untuk plafon aman untuk digunakan? Kesimpulan penggunaan PVC untuk pembuatan plafon pada umumnya sangat aman. Dilihat dari segi pembangunan, penggunaan, perawatan dan juga ketahanan terhadap bencana bisa dikatakan bahwa plafon dari bahan PVC memang lebih aman untuk digunakan. Hanya saja, memang penggunaannya harus tepat. Untuk penggunaan di dalam ruangan, sebaiknya bahan plafon PVC ini diletakkan di ruangan yang tidak memiliki potensi kenaikan suhu yang tinggi seperti yang disebutkan sebelumnya yaitu dapur rumah anda. Ketika penggunaan bahan PVC ini dilakukan untuk plafon daerah zona hijau maka penggunaan dari bahan PVC untuk plafon ini sangat aman untuk dilakukan.

Bagi anda yang tertarik untuk menggunakan produk plafon PVC yang sangat aman dan sangat banyak manfaatnya ini anda bisa membelinya di Distributor Plafon PVC Cikampek yaitu Rizqitafon, alamat: Jl. Raya Wadas Cikampek, Pucung, Kec. Kotabaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat 41374. Jasa Rizqitafon yang kami miliki adalah jasa yang akan membantu anda mendapatkan plafon PVC sesuai dengan yang anda harapkan. Kami bisa membantu anda untuk membuat plafon PVC yang terbaik dengan model sesuai sekreatif apapun yang anda inginkan. Untuk melakukan pemesanan anda bisa menghubung kontak customer service yang kami miliki secara langsung.

Sumber :

0 Komentar