Pro dan Kontra Plafon PVC

Plafon polivinil klorida, atau "plafon PVC", demikian sering disebut, adalah salah satu jenis plafon yang paling umum saat ini, tetapi juga sangat kontroversial.

PVC adalah plastik yang sebagian besar diproduksi dan keberadaannya dominan di berbagai bahan, mulai dari mainan dan perkakas hingga bahan konstruksi dan banyak lagi.





PVC memiliki banyak keunggulan berbeda dibandingkan bahan dan jenis plastik lainnya, tetapi ada beberapa kerugian dan risiko yang melekat pada penggunaannya di rumah Anda juga. Baca terus untuk beberapa pro dan kontra penggunaan bahan plafon PVC di rumah Anda.

Kelebihan Menggunakan Plafon PVC

PVC yang sangat plastik, yang merupakan jenis yang digunakan untuk plafon dalam banyak kasus, mengandung sangat sedikit zat aditif dan bahan tambahan yang dapat membuatnya berbahaya.

Ini dibandingkan tidak hanya dengan jenis plastik lainnya, tetapi juga dengan bahan plafon lainnya.

Banyak langit-langit menggunakan pelapis asbes yang berbahaya bagi kesehatan orang yang tinggal di ruangan dengan langit-langit tersebut; PVC yang sangat plastik tidak berbahaya dalam banyak hal dibandingkan dengan itu.

Plafon PVC tidak mahal untuk dibuat dan dipasang. Mereka diproduksi secara massal, artinya mereka tersedia melalui berbagai distributor dan hampir dalam setiap warna yang bisa dibayangkan.

PVC mudah untuk dimanipulasi, artinya Anda tidak akan menemui masalah dalam membuat ubin langit-langit yang sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi desain Anda.

Ada juga banyak pekerja di sebagian besar daerah perkotaan yang memasang plafon PVC dan bahan lainnya sebagai dagangan, jadi Anda tidak akan kesulitan menemukan seseorang untuk membantu Anda memasang plafon.

Terakhir, plafon PVC tahan lama dan kokoh. Mereka akan bertahan untuk waktu yang sangat lama dan membutuhkan sedikit perawatan.

Kontra Menggunakan Plafon PVC

Salah satu argumen terbesar yang menentang PVC sebagai bahan adalah penggunaan klorin, yang merupakan gas berbahaya dan beracun dalam keadaan aslinya. Tentu saja, pipa PVC dan material langit-langit umumnya tidak mengandung klorin bebas dalam jumlah besar.

Namun, seiring waktu mereka dapat terurai sedemikian rupa sehingga jejak-jejak kecil klorin masuk ke udara. Hal ini menjadi perhatian banyak orang, meskipun PVC, terutama PVC yang sangat plastik, ternyata cukup aman untuk penggunaan jangka panjang.

PVC bukanlah penutup langit-langit yang paling menarik. Banyak orang menganggap PVC inferior dalam penampilan dan memilih untuk menghindarinya karena alasan estetika.

PVC adalah salah satu bahan yang paling umum digunakan oleh kontraktor dan pekerja DIY untuk rekonstruksi dan desain langit-langit.

Jika Anda berencana untuk memperbaiki langit-langit Anda, atau jika Anda sedang membangun sebuah ruangan dan ingin mempertimbangkan semua pilihan yang berbeda untuk bahan langit-langit, Anda akan lalai untuk tidak menganggap PVC sebagai pilihan yang layak.

Bicaralah dengan seorang profesional untuk mendapatkan lebih banyak nasihat.

No comments:

Post a Comment